Pengertian secara lengkap call to action (CTA) adalah perintah atau tindakan yang harus dilakukan oleh pengguna setelah membaca atau melihat suatu konten. Tujuan dari CTA adalah untuk membuat pengguna melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mengunduh aplikasi, atau mendaftar untuk mengikuti program.
Kalimat-kalimat yang digunakan dalam penulisan CTA juga hanya sedikit saja, umumnya terdiri dari 2 sampai 3 kata. Call to Action secara ideal diletakan pada akhir agar pembaca atau calon customer yang telah membaca informasi detail tentang jasa atau produk akan langsung melakukan tindakan.
Tujuan semua jenis CTA memang sama, namun terdapat jenis-jenis Call to Action yang pas digunakan untuk bisnis tertentu. Nah, berikut ini adalah jenis call to action serta definisinya:
1. Lead Generation
Jenis call to action ini untuk menarik hati orang atau kelompok agar mau membeli jasa atau produk mu. Oleh karena itu CTA ini di tempatkan di posisi yang mudah dilihat oleh pengunjung website agar mereka bisa langsung mendaftar dan bergabung jadi member.
2. Event Promotion
Seperti namanya, CTA event promotion digunakan untuk mendorong pembaca atau audiens untuk melakukan aktivitas pembelian tiket atau merchandise. Posisi CTA ini bisa di halaman log-in, dashboard, atau di sidebar website.
3. Social Sharing
Sosial sharing ini seringkali kita lakukan namun tidak sadar, CTA tersebut dilakukan ketika membagikan suatu konten di media sosial seperti TikTok atau Instagram kepada teman atau ke aplikasi medsos lainnya.
4.Tombol Baca Selengkapnya
Tombol ini selalu didapatkan saat sedang membaca artikel. Biasanya berada paling bawah dengan tulisan baca selengkapnya, selanjutnya, atau kadang hanya nomor saja. CTA ini disertakan link yang mengarah ke halaman atau lanjutan bacaan.
5. Pengisian Formulir
CTA untuk pengisian formulir biasanya bertuliskan "Sign up" dan "Submit". Tombol tersebut akan mengarahkan ke landing page untuk mengisi formulir dan memasukkan data diri (email, nomor telepon, dan lain sebagainya).
Meski hanya kalimat pendek saja, tapi CTA memiliki dampak besar terhadap keberlangsungan suatu bisnis. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan adalah dapat meningkatkan konversi, yang artinya memberikan audiens kemudahan untuk mengerti informasi dan tombol untuk langsung bergabung atau memberikan reaksi.
Kemudian, untuk prospek penjualan sendiri, CTA dapat dikombinasikan dengan informasi promo untuk menggaet hati calon pembeli. Pebisnis online lazimnya menggunakan bantuan sosial media seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads.
Dan yang paling mempermudah pebisnis online dengan adanya CTA adalah memiliki data konsumen. Hal itu bisa didapat jika pada website diletakkan CTA yang berupa tombol ajakan untuk subscribe, bergabung jadi member, dan memberikan komentar. Dengan begitu customer akan selalu mendapatkan juga update an terbaru dari website atau blog mu.
Terakhir adalah evaluasi, CTA juga bisa digunakan untuk menganalisis kekurangan dan mungkin saja kesalahan yang terjadi saat promosi. Semakin cepat menemukan kejanggalan maka semakin cepat juga untuk memperbaiki agar kamu bisa mengatur ulang strategi pemasaran kamu.
Rekomendasi kalimat CTA ini bisa kamu jadikan pedoman dan referensi untuk website bisnis kamu. Nah, beberapa perusahaan menggunakan kata yang sangat komunikatif dan tidak memaksa seperti Glossier yang hanya menggunakan kalimat "I'm in" yang berarti "Aku ikut".
Bisa juga menggunakan kalimat yang sedikit panjang seperti CTA dari aplikasi Hulu "Get The Disney Bundle", Dropbox "Sign up for Free", Netflix "Join Free for a Month", Aquaspresso "Send Me Specials Now!", Humboldt County "Follow the Magic". Selain dari CTA ini masih banyak yang lain juga seperti Subscribe, Join now, See More dan lain-lainnya.
Contoh kalimat call to action yang disarankan di atas bisa banget kamu coba untuk membuat tombol atau kalimat CTA di website mu lebih menarik untuk klik. Kamu juga bisa menggunakan plesetan kata dari nama bisnis agar audiens semakin tertarik dan penasaran untuk mengklik. Selamat mencoba!
Customized landing page features. Organize your top links, showcase your content, and track clicks—all from a single shareable link.