Secara umum, iklan adalah kegiatan promosi barang atau jasa kepada khalayak ramai. Iklan tersebut disampaikan oleh individu atau perusahaan. Tujuannya untuk menarik perhatian pelanggan agar mau membeli produk yang dijual.
Sama halnya dengan iklan Facebook, orang-orang melakukan promosi menggunakan aplikasi Facebook di fitur Marketplace. Iklan yang dilakukan melalui fitur tersebut akan muncul di halaman news feeds para pengguna Facebook.
Iklan Facebook bekerja dengan menjaring data dari pengguna dan membuat profil demografi dari perilaku konsumen. Kemudian, iklan akan ditampilkan kepada mereka sesuai dengan profil yang telah dibuat.
Algoritma saat pasang iklan Facebook cukup efektif juga dalam menjangkau pengguna. Karena penggunanya banyak, dan saat proses pembuatan akun para calon pengguna, mereka diminta untuk menulis ketertarikan nya.
Nah, dari informasi tersebut lah yang membuat iklan bisa sampai dan tersebar ke pengguna Facebook secara luas.
Tujuan promosi melalui iklan Facebook untuk meningkatkan penjualan. Para pebisnis menggunakan berbagai cara kreatif dalam melakukan promosi, mereka bahkan mempekerjakan orang yang ahli dalam bidang tersebut.
Kegiatan promosi juga diharapkan mampu membangun awareness sutau produk. Tidak jarang kita menjumpai perusahaan atau pebisnis menggandeng tokoh terkenal untuk melakukan promosi. Dengan melalui iklan Facebook mereka bisa mencapai tujuan tersebut.
Hal terpenting lainnya yang didapat melalui iklan di Marketplace Facebook adalah hubungan yang baik dengan konsumen. Saat konsumen sudah mulai percaya dengan produk atau jasa yang dijajakan, maka itu sangat berdampak baik pada kekuatan brand kamu.
Langkah-langkah memasang iklan di Marketplace Facebook ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan bisa dilakukan tanpa memungut biaya sepeserpun alias gratis. Berikut ini caranya :
Memasang iklan di Marketplace Facebook terbilang cukup mudah, kan? Kamu bahkan bisa memilih jenis iklan dan informasi seperti apa yang ingin kamu tayangkan di homepage calon customer.
Terdapat cara untuk mengelola iklan, terkhusus untuk kamu yang telah melakukan periklanan sebelumnya melalui Marketplace Facebook. Menu "Application" akan muncul pada sudut kiri bawah yang bisa langsung di klik saat ingin beriklan lagi.
Terdapat juga menu "My listing" di halaman Marketplace yang bertujuan untuk melihat iklan yang sudah ditayangkan. Fitur ini sangat berguna sekali untuk melihat bagaimana tampilan iklan kamu di homepage orang lain.
Di menu " My listing" juga bisa sebagai fitur pengontrol. Saat semua produk yang kamu iklankan telah terjual habis, kamu bisa mengedit iklan atau bahkan menghapusnya. Fitur ini juga berfungsi untuk memberikan update kepada customer.
Inilah cara pasang iklan di Marketplace Facebook dengan biaya gratis dan mudah. Sebagai seorang pebisnis online kamu sepertinya wajib untuk mempelajari bagaimana memasang iklan di Facebook. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat memperluas jangkauan bisnis.
Customized landing page features. Organize your top links, showcase your content, and track clicks—all from a single shareable link.