Influencer marketing adalah sebuah strategi yang dilandasi kerjasama antara suatu brand dengan individu yang memiliki pengaruh besar pada platform sosial media, atau dalam komunitas tertentu.
Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens dengan memanfaatkan daya tarik, kecerdasan, hingga paras wajah dan tubuh dari tokoh berpengaruh. Dengan demikian, kepercayaan audience akan terbangun terhadap produk atau jasa.
Dengan kata lain, influencer berperan sebagai penghubung antara merek dan target pasar. Kemampuannya yang secara natural mampu melakukan aktivitas persuasif menjadi poin penting yang diharapkan oleh setiap pemilik bisnis.
Adapun tugas utama influencer dalam mencapai tujuan bersama dengan brand yang mengajak kerja sama adalah sebagai berikut:
Keberhasilan dalam pemasaran dengan memanfaatkan jasa dari influencer ternama terbukti menghadirkan berbagai manfaat. Namun, bukan hanya dari kalangan terkenal saja karena setiap influencer punya audience nya masing-masing.
Hal pertama yang bisa dirasakan setelah menggandeng influencer dalam kegiatan kampanye adalah meningkatkannya kesadaran merek. Influencer yang memiliki pengikut setia dapat memperluas jangkauan pesan ke audiens yang mungkin belum tahu merek tersebut sama sekali.
Kedua, influencer marketing mampu meningkatkan keterlibatan konsumen. Biasanya influencer juga memiliki komunitas yang aktif, dan ketika mereka merekomendasikan produk atau layanan, pengikut mereka merasa lebih terlibat. Interaksi ini dapat menghasilkan komunikasi dua arah antara merek dan calon konsumen.
Selain itu, influencer marketing dapat meningkatkan konversi dan penjualan juga. Ketika influencer memberikan ulasan yang positif, hal itu dapat mendorong pengikut mereka untuk melakukan pembelian. Karena rasa penasaran yang dan keinginan untuk menyerupai barang atau layanan yang digunakan oleh sang idola.
Terakhir, melalui kerjasama yang berkelanjutan dengan influencer, bisnis dapat membangun hubungan yang kuat dengan followers influencer tersebut, yang dapat membantu dalam mempertahankan pelanggan. Pada akhirnya pengikut tersebut semakin loyal pada merek mereka dan enggan berpaling ke produk kompetitor.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa influencer marketing adalah alat yang kuat yang dapat membantu bisnis mencapai berbagai tujuan pemasaran, mulai dari sekedar meningkatkan kesadaran merek hingga membludaknya penjualan. Influencer dalam ranah marketing telah membuka peluang baru dalam dunia pemasaran yang modern dan lebih efisien.
Customized landing page features. Organize your top links, showcase your content, and track clicks—all from a single shareable link.