Voice search atau penelusuran suara adalah fitur search engine yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan pencarian melalui suara.
Sedangkan voice search optimization adalah salah satu strategi SEO (search engine optimization) dengan mengoptimasi penelusuran suara untuk memenuhi permintaan pencarian pengguna melalui asisten suara.
Dengan voice search, pengguna dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan arahan kepada asisten suara, yang kemudian menghasilkan jawaban atau informasi yang dibutuhkan.
Dibandingkan dengan penelusuran teks atau manual, perilaku pengguna akan berbeda ketika menggunakan voice search. Perbedaan utamanya terletak pada cara pengguna menyampaikan pertanyaan atau permintaan.
Pencarian teks umumnya melibatkan pengetikan kata kunci (keyword) atau frase tertentu ke dalam search engine. Sedangkan dalam voice search, pengguna secara lisan mengucapkan pertanyaan atau perintah mereka kepada asisten suara.
Dalam pencarian teks atau manual, pengguna cenderung menggunakan kata kunci singkat atau frasa yang lebih kaku, sementara dalam pencarian suara, mereka cenderung menggunakan kalimat lengkap dengan gaya percakapan sehari-hari.
Misalnya, dalam pencarian manual, pengguna mungkin akan mengetik "rekomendasi warung nasi padang di Jakarta", sementara dalam pencarian suara, mereka mungkin akan menelusuri, "Oke Google, tolong carikan warung nasi padang terenak di Jakarta”.
Oleh sebab itu, dalam voice search optimization penggunaan jenis keyword cenderung lebih panjang dan spesifik (long tail keyword) serta bahasa yang lebih konversasional. Ketika menggunakan voice search, pengguna akan mengira mereka sedang berbicara dengan orang lain. Oleh sebab itu, conversational keyword bisa menjadi salah satu strategi untuk mengoptimasi penelusuran suara.
Selain itu, voice search juga lebih menekankan pada pencarian informasi berdasarkan lokasi geografis pengguna seperti mencari toko atau restoran di sekitar mereka.
Keuntungan voice search optimization yaitu dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan website atau konten Anda dalam hasil pencarian suara. Berikut adalah beberapa keuntungan utama yang bisa diperoleh:
1. Mudah Diakses
Pengguna asisten suara cenderung mencari informasi tanpa perlu mengetik atau melihat layar perangkat. Dengan voice search optimization, Anda bisa memastikan para pengguna mendapatkan pengalaman yang mudah, cepat, dan praktis dari website bisnis.
2. Peningkatan User Experience
Dengan voice search optimization, Anda dapat membuat pengalaman pengguna lebih personal dan relevan. Dengan mengetahui gaya bahasa pengguna dan preferensi pencarian suara mereka, Anda dapat menyesuaikan konten untuk memberikan jawaban yang lebih akurat dan memuaskan.
3. Potensi Peningkatan Traffic Website
Seseorang menggunakan asisten suara cenderung lebih tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mempertimbangkan saran yang diberikan oleh asisten suara. Hal ini memberikan kesempatan Anda untuk dapat meningkatkan traffic organik ke situs web bisnis Anda.
Kesimpulan
Voice search optimization menjadi salah satu tren utama SEO di tahun 2023 sebagai respons terhadap kemajuan teknologi. Penggunaan asisten suara semakin meningkat, tentu hal ini mengubah cara orang mencari informasi online.
Bagi pemilik bisnis, pengoptimalan voice search menjadi penting. Pencarian suara memungkinkan dapat meningkatkan jangkauan website bisnis, visibilitas, traffic organik, hingga kenyamanan pengguna (user experience).
Customized landing page features. Organize your top links, showcase your content, and track clicks—all from a single shareable link.