Terdapat berbagai jenis iklan TikTok yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan bisnis kamu. Jenis mencakup beberapa fitur yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama. Kamu bisa memilih daftar iklan dibawah ini sebagai acuan untuk memulai iklan.
1. In-feeds Ads
Jenis iklan TikTok ini yang sering muncul saat sedang scrolling. Ciri ciri iklan ini ditandai dengan label "bersponsor" , " pelajari lebih lanjut" dan " beli sekarang" .
2. Top View Ads
Iklan ini muncul pada halaman pertama saat membuka TikTok. Durasi video nya bisa hingga 1 menit dan mempromosikan layanan atau produk pada pengguna Tiktok.
3. Brand Takeover Ads
Iklan ini sering disebut juga dengan iklan layar penuh yang menampilkan suatu brand, video, atau gif pada layar utama saat membuka aplikasi TikTok.
4. Hashtag Challenge Ads
Contohnya seperti #AyoMinumSusu yang dikeluarkan oleh perusahaan susu misalnya. Perusahaan memperkenalkan dengan mengajak user tiktok menggunakan tagar dan menjanjikan sebuah hadiah.
5. Branded Effect Ads
Iklan tiktok satu ini lebih fancy karena memperkenalkan nama bisnis/ produk menggunakan filter augmented reality. Filter bisa berupa sebuah elemen yang interaktif, gambar 3D atau 2D.
1. Pilih sasaran untuk mengoptimalkan promosi dan meningkatkan brand awareness.
2. Pilih audience untuk menjangkau pengguna yang tertarik dengan produk kamu.
3. Pilih anggaran, kamu bisa mengatur harga berapa yang kamu pilih dan berapa lama iklan akan tayang.
4. Pilih dan merancang video iklan, buat video yang kreatif dan informatif.
5. Publikasikan, algoritma TikTok akan menjangkau audience yang dipilih sebelumnya.
6. Lihat hasil yang diperoleh, terdapat tool cerdas pada iklan TikTok yang bisa melihat sejauh mana konten iklan menjangkau dan berpengaruh.
Beberapa alasan iklan ditolak oleh pihak TikTok ternyata disebabkan oleh hal-hal hal yang dianggap sepele. Daftar kesalahan dibawah ini bisa saja jadi alasan kenapa iklan kamu selalu di tolak.
Pastikan kamu memperbaiki posisi hp atau kamera saat pengambilan gambar. Kemudian simpan dengan ukuran yang tidak merusak kualitas gambar. Hasil video yang buruk akan mengurangi nilai promosi.
Harga adalah elemen penting dalam menjajakan sebuah produk. Dalam lingkup iklan TikTok, kamu harus konsisten dalam menentukan harga. Pihak TikTok akan menolak konten yang tidak konsisten tersebut.
Setiap logo suatu brand memiliki copyright. Saat melakukan promosi jangan gunakan logo karena hal itu disebut overclaim. Buat konten yang fokus ke promosi saja dan pastikan kamu tidak memunculkan logo ya!
Mempromosikan produk dengan menggunakan konten viral adalah cara yang efektif. Namun, jangan sekali-kali kali menggunakan konten yang dianggap sensitif oleh masyarakat. Hal itu adalah kunci konten iklan TikTok kamu ditolak.
TikTok memberikan batasan umur pada penggunanya yaitu 18 tahun keatas. Untuk kegiatan promosi yang lingkup nya lebih profesional maka batasan usia ini sangat diperhatikan. Jika pemilik akun terdeteksi masih dibawah umur, maka TikTok akan menolak iklan mu.
Nah, iklan TikTok mempermudah promosi bisnis online kamu. Layanan iklan yang mencakup banyak jenis untuk menyesuaikan kebutuhan. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar iklan kamu diterima. Perhatikan detail kecilnya dan selamat mencoba !
Customized landing page features. Organize your top links, showcase your content, and track clicks—all from a single shareable link.