Kekuatan Endorsement: Tumbler Blackpink x Starbucks Seharga 2 Juta Ludes Diburu Penggemar

Endorsements: Pengertian dan Tujuan

Endorsement adalah sebuah kontrak yang mengikat dua pihak untuk saling mempromosikan produk atau jasa yang dihasilkan oleh pihak yang satu kepada khalayak ramai melalui media sosial, iklan, ataupun website. Kontrak itu berlangsung dengan waktu yang telah ditentukan yang artinya kedua belah pihak memiliki kewajiban untuk saling mendukung dalam promosi.

Ada beberapa jenis dan tujuan endorsement, yakni endorsement produk, endorsement jasa, endorsement event, dan endorsement personal. Hal umum yang biasa kita lihat mungkin produk saja tapi sebenarnya hal-hal lain pun bisa dilibatkan dalam endorsement, bahkan kampanye sekalipun bisa.

Jika melihat kejadian antara Starbucks dan Blackpink, dapat ditarik kesimpulan jelas tentang endorsement yang berarti sebuah kerjasama dalam mempromosikan sesuatu. Yang kemudian membuat kedua belah pihak akan saling menguntungkan dan mendapatkan bagiannya masing-masing. 

Kekuatan Endorsement pada Bisnis

Kekuatan endorsement pada bisnis tentunya memberikan dampak yang sangat baik, adapun imbas yang didapat jika mempertimbangkan untuk melakukan endorsement adalah meningkatnya penjualan produk. Nah, kegiatan endorsement ini memang harus menggunakan partner yang tepat agar tidak boncos.

Dampak lainnya adalah pelanggan. Jika kamu menggunakan selebriti atau influencer dengan engagement yang bagus, maka dapat dikatakan bahwa kamu juga telah membuat penggemar mereka menjadi penggemar produk mu. Jadi tidak heran jika perusahaan rela merogoh kocek lebih dalam untuk bisa bekerja sama dengan selebriti terkenal.

Kemudian, citra perusahaan akan meningkat drastis juga setelah berhasil melakukan endorsement dengan tokoh ternama. Publik akan membuka mata dan mengakui kehebatan bisnis mu karena berhasil menggunakan tokoh tersebut sebagai partner bisnis. Nah, Starbucks yang sudah terkenal sejak lama kembali dua kali lebih populer karena fans Blackpink.

Impact Blackpink pada Starbucks

Tidak terelakkan lagi seberapa berpengaruhnya Blackpink X Starbucks. Tumbler yang membuat kita berpikir 2 kali untuk membelinya ternyata bisa ludes dalam beberapa menit saja. Hal itu bisa terjadi karena kekuatan endorsement dan personal branding Blackpink yang sudah melekat di hati para penggemar seluruh dunia.

Hal lain yang menguntungkan Starbucks adalah jumlah pengikut akun resmi Blackpink telah mencapai 56,6 juta, bahkan akun masing-masing anggota lebih banyak lagi. Nah kekuatan engagement inilah yang membuat kolaborasi ini sangat berhasil. Jutaan Blink seluruh dunia tentunya akan menjadi Blink yang langsung doyan Starbucks juga.

Adapun dampak baik yang dirasakan oleh Starbucks adalah produk baru yang dirilis menjadi laku dan populer juga. Menu minuman Strawberry Choco Cream Frappuccino sebagai penanda kolaborasi mereka juga mendadak dikenal customer. Hal itu mengurangi sedikit pekerjaan tim promosi untuk mengenalkan menu baru.

kemudian, Starbucks juga memiliki kampanye peduli lingkungan dengan selalu menyuruh customernya membawa botol sendiri dari rumah. Hal tersebut semakin mudah sampai ke hati masyarakat berkat kekuatan endorsement yang akhirnya membuat tumbler mereka laku keras, dengan begitu kampanye untuk mengurangi sampah plastik pun berhasil.

Kesimpulan

Hasil dari endorsement yang terjadi antara oleh Blackpink X Starbucks menunjukkan secara jelas kekuatan dan pengaruh publik figur dalam kelancaran suatu promosi. Cara ini bisa diterapkan pada bisnis apapun, namun budget dan tokoh yang ingin diajak harus diperhitungkan dengan matang. 

Supercharged Landing Page for

Customized landing page features. Organize your top links, showcase your content, and track clicks—all from a single shareable link.

Developers 🔋 Businesses 🏦 Influencers 💁🏻‍♀️ Agencies 💡 Designers 🎨 Restaurants 🍕 eCommerce 🛍️ Freelancers ⚡ Writers ✏️ Photographers 👨‍💼

Explide
Drag